ePUPNS BKN Aplikasi Error Yang Bikin Pusing Operator

Login ePUPNS

epupns biki error operator


Semenjak Program Pendaftaran ulang PNS dan CPNS ( PUPNS )yang di luncurkan oleh BKN pada tahun 2015 ini, kesibukan para pegawai bertambah satu lagi yaitu mengentri data lengkap yang berguna untuk mendata ulang seluruh pegawai negri Indonesia dengan sistem online, yang akurat terpercaya dan aman. Untuk mengisi data online tersebut pemerintah telah meluncurkan sebuah aplikasi ePUPNS yang bisa di akses melalui http://pupns.bkn.go.id./

Aplikasi ePUPNS dimaksudkan untuk mengembangkan sistem manajemen kepegawaian yang terkomputerisasi yang terkelola dengan baik dengan sistem online, yang memudahkan untuk mendapatkan informasi kepegawaian yang mencakup seluruh instansi pemerintahan tanpa terkecuali. Menurut mentri Yuddy Crisnandi jumlah pegawai Indonesia saat ini berjumlah 5 juta lebih. Tentu ke 5 juta orang pegawai inilah yang akan "memadati" server ePUPNS setiap hari siang dan malam untuk pengentrian data setelah aplikasi tersebut resmi di luncurkan oleh BKN.


Cerita lain ePUPNS

Ada pepatah mengatakan " sebelum membeli perabotan, sebaiknya persiapkan dulu rumahnya " entah siapa yang mengucapkan pepatah tersebut pertama kalinya. Kira-kira apa yang akan anda pikirkan ketika seseorang membeli sebanyak mungkin perabotan rumah tangga, tapi rumahnya belum selesai, bahkan pintunya saja belum ada, walaupun ada tapi sangat sempit yang hanya bisa di lewati oleh seekor kucing, kemudian orang tersebut hendak memasukan seluruh perabotan tersebut ke dalam rumah itu, mungkin anda akan berkata  " ITU ORANG GILA "

Sama halnya dengan aplikasi ePUPNS yang hampir hampir tak punya " pintu " untuk masuk. Niat yang baik jika tak diiringi dengan sarana dan prasarana yang baik tentu akan menjadi sebuah masalah. dilihat di berbagai media sosial, di banyak group group operator di media sosial kita hanya akan mendapati sumpah serapah dan berbagai jenis kutukan yang tertuju kepada aplikasi ePUPNS. terutama kaum guru yang merangkap operator sekolah, dari sekian banyak tugas mulai dari membuat RPP, silabus, membuat soal, mengurus sertifikasi sekarang di tambah lagi dengan mengisi data pada ePUPNS, yang setiap login setiap itu pula di tolak, jika lancar lancar saja tentu tak jadi masalah, tapi sudah begadang hampir setiap malam, tak satupun data yang tersimpan sama sekali. Inilah yang secara otomatis membuat mulut operator mengucapkan kata-kata " manis " untuk yang membuat aplikasi error tersebut.

Berbagai macam " tuduhan " di lontarkan oleh para PNS tersebut, ada yang mengatakan " kalau tak bisa bikin aplikasi, mending tak usah bikin yang macam-macam " ada juga yang berucap " sok keren, mereka pikir orang yang mau login itu cuma sepuluh orang!, bikin aplikasi kok jelek begitu ". begitulah sedikit dari uneg-uneg para pegawai yang kami dengar dalam menanggapi aplikasi PUPNS dari  BKN yang sampai saat ini masih seperti itu, error setiap saat.

Lebih  tak terbayangkan lagi apa kira kira sambutan saudara-saudara PNS kita yang berada di daerah terisolir, di daerah terpencil, pulau-pulau kecil di daerah terluar yang tak ada sinyal internet, tak ada listrik, yang jauh dari peradaban dunia. Tentu mereka lebih pusing lagi apalagi ada yang mengatakan jika terlambat mengisi data PUPNS akan segera di pensiudinikan. Tentu hal ini akan membuat mereka jantungan, dengan cara apapun juga para pegawai daerah terpencil itu akan berusaha untuk mengusahakan (dengan biaya sendiri tentunya ) untuk mengisi datanya ke tempat yang memungkinkan. Namun apadaya, setelah biaya yang dikeluarkan cukup banyak ternyata aplikasi tak bisa di buka, error dan error lagi. Apa tak kasihan dengan mereka wahai pembuat ePUPNS?

Apa yang salah dengan ePUPNS? aplikasinya atau orang yang membuatnya? Hanya Tuhanlah yang tau, kalau terus begini tentu sesuai dengan gertakan yang sempat terdengar akan banyak para PNS yang akan pensiun dini.


Tak ada gading yang tak retak

Mengutuk bukanlah solusi terbaik, mudah mudahan ini hanya sesaat saja, kita yakin mereka yang meluncurkan aplikasi ini tentu bukan sembarangan orang, mungkin servernya yang perlu di perbaiki lagi atau mungkin ada sedikit kesalahan di sana sini, maklumlah yang namanya manusia pasti ada salahnya.

Mudah-mudahan BKN segera memperbaiki error dan susahnya untuk masuk dan mengirim data, sehingga hal ini tidak mempersulit PNS lagi yang sejak dari dulu sudah sering dipersulit ( terutama guru ). Kita tunggu saatnya ketika login atau mengirim data pada ePUPNS tidak memerlukan waktu lama alias secepat kilat.
Amin.

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Sadino S.Pd
AUTHOR
11/1/15, 9:57 PM delete

Operator yang sering memburu Sinyal

Reply
avatar