Para Pendekar Solok Selatan Mulai Serius Menjaga Tradisi Minangkabau

Pertemuan Tuo Silek Solok Selatan
pendekar solok selatan mulai serius
Pendekar Ridho Ilahi

Pahimpunan Tuo Silek Tradisi Minangkabau Daerah Solok Selatan mulai menampakan keseriusan dalam menjaga dan membangkitkan kebudayaan asli daerah Minangkabau yaitu Silek Tuo. Silek/ Silat merupakan kebudayaan asli Nusantara yang menurut sejarah merupakan kebudayaan Minangkabau yang telah menyebar ke seluruh seantero jagad. Kesenian yang menyatukan keindahan dan ketangkasan ini sudah mulai memudar seiring perkembangan zaman. Para pendekar Solok Selatan mulai menyadari akan hal ini dan telah mengambil langkah inisiatif untuk kembali " mambangkik batang tarandam " menjadikan silek sebagai tuan rumah di negeri sendiri.


Bukti keseriusan para pendekar Solok Selatan dalam mensosialisasikan kebudayaan atau seni silat ini terlihat dengan telah diadakan pertemuan para guru-guru silek dan tuo-tuo silek Minang di berbagai daerah. Sebelumnya pada Bulan April 2016 di adakan pertemuan dengan pengurus Tuo Silek tingkat provinsi di Ranah Pantai Cermin Sangir Batang Hari. Kemudian pada Sabtu Malam 21 Mei 2016 diadakan pertemuan Tuo Silek dan para guru serta para pendekar yang terdiri dari berbagai macam aliran/sasaran silek seperti :


Silek Pakiah Rabun
Silek Calau
Silek Pangean
Silek Luncua
Silek Ambun Sakaki
Silek Ridho Ilahi
Dan lain-lain


Pertemuan tuo silek ini di adakan dirumah Tantuah Rajo Sahilan, Sungai Kunyik, Sangir Balai Janggo. Yang dihadiri oleh niniak mamak, camat serta inyiak "Rajo" Rantau Duobaleh Koto, Tantuah Rajo Sahilan. Sebelum gelanggang di pakai, dilakukan prosesi maureh, mandarahi dan mamancang galanggang oleh niniak mamak dan tuo silek, kemudian di ikuti dengan penampilan seni silat dari berbagai sasaran/perguruan silat yang datang dari berbagai daerah


Foto-foto pertemuan Tuo Silek Minangkabau di Sungai Kunyit Sangir Balai janggo Solok Selatan



Pertemuan tuo silek 



solok selatan silat
Pengurus Pahimpunan Tuo Silek Solok Selatan




tuo silek minang solsel
Pendekar putri Solok Selatan



Pendekar solok selatan
Tuo-tuo silek Solok Selatan

Previous
Next Post »