Full Day School - Tuntutan Rakyat Jika Sekolah Seharian Penuh Diberlakukan

Sembilan Tuntutan Kepada Mentri Pendidikan RI


full day school


Saya setuju wacana penerapan FULL DAY SCHOOL oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan baru yang bernama Prof. Dr. Muhadjir Effendy, mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang, asalkan harus memenuhi beberapa syarat berikut :

1. Muatan struktur Kurikulum harus dirubah total, penambahan Jam Pelajaran Pendidikan Agama yang semula 2 jam per minggu harus menjadi lebih banyak lagi.
Jika tidak dirubah kondisi pembelajaran akan timpang karena jumlah harinya tetap, jam pelajaran bertambah, tetapi muatannya tetap.

2. Untuk mengisi Mapel Pendidikan Agama, mohon melibatkan Guru TPQ dan Guru MDA, Agar TPQ dan MDA tidak gulung tikar.
Juga agar tidak menambah beban mengajar Guru Kelas SD atau Guru Mapel SMP/SMA selain Guru Agama.

3. Kemendikbud harus menyiapkan sarana, prasarana, dan fasilitas sekolah yang nyaman, sekurang-kurangnya 1 kelas 1 pendingin ruangan ( AC ) untuk seluruh sekolah di Indonesia.

4. Kemendikbud harus menambah anggaran makan siang untuk siswa dan guru, seperti di Sekolah Swasta Full Day yang ada biaya khusus untuk makan siangnya.

5. BOS itu kepanjangannya Bantuan Operasional Sekolah bukan Bantuan Operasional Siswa. Pengalaman mengelola Beasiswa untuk Siswa Miskin ketika dana ditransfer langsung ke siswa dan diambil langsung orang tuanya, dana itu malah dipakai orang tua untuk keperluan selain keperluan sekolah.
Jadi dalam Dana BOS itu bukan hanya untuk siswa melainkan juga semua unsur yang ada di Sekolah tersebut.

6. Perbanyak muatan kurikulum untuk pembelajaran diluar ruangan seperti study lapangan mengunjungi museum, planetarium, dan lainnya dengan subsidi dana dari Kemendikbud.

7. Sediakan tempat Crisis Center di tiap sekolah untuk memfasilitasi siswa dan atau guru yang jenuh dan stress kebanyakan materi pelajaran sekolah.

8. Sediakan tempat bermain yang kompleks di semua sekolah di seluruh Indonesia, agar siswa tidak kehilangan waktu bermainnya.

9. Pemberian Insentif tambahan untuk semua guru baik guru PNS bersertifikasi, guru PNS belum sertifikasi, guru CPNS, guru tetap yayasan, guru sertifikasi non PNS, guru Hhonorer, sejalan dengan beban tambahan jam mengajarnya.

Demikian sembilan syarat yang harus dipenuhi oleh anda Bapak Professor Muhadjir Effendy.
Jika tidak bisa dipenuhi terutama syarat nomor 1 dan 2 di atas, anda bisa didemo oleh Ormas berlambang bola dunia dengan SEMBILAN BINTANG mengelilinginya.

Kecuali bila Penerapan FULL DAY SCHOOL di Sekolah Formal benar-benar Full satu hari penuh bukan cuma pagi sampai sore saja, melainkan pagi, siang, sore, malam, sehingga siswa terkontrol penuh seperti Pendidikan di Pondok Pesantren.
( Imron Rosyadi )


Previous
Next Post »