4 Kompetensi Guru Dan Pendidik Serta Penjelasannya

Guru ditiru dan digugu 

4 kompetensi guru



Guru adalah tonggak kemajuan sebuah bangsa, ditangan guru terletak nasib generasi penerus yang akan melanjutkan proses berjalannya sebuah negara. Jika kemampuan ( kompetensi ) seorang guru cukup dan memenuhi untuk menjadi seorang pengajar dan pendidik sudah tentu keadaan generasi berikutnya akan terjamin dan terselamatkan, namun jika seorang guru yang mengajar dan mendidik tidak memiliki kompetensi yang seharusnya, hanya sekedar untuk mencari sesuap nasi ( profesi guru hanya sebuah tempat kerja mencari nafkah ) sudah barang tentu kualitas anak didik tidak akan bermutu.

Hal ini tentu akan jadi masalah besar, jika mutu pendidikan rendah yang tentu dimulai dari rendahnya kompetensi guru yang mengajar itu sendiri. Oleh karena itu setiap guru harus memilki kemampuan/kompetensi yang jika sudah di kuasai bolehlah guru tersebut tampil di depan kelas untuk menjadi pendidik, pengajar, teladan bagi murid-muridnya.

Ada 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru sehingga guru tersebut bisa di sebut guru profesional yang dipundaknya terpikul beban mutu dan kualitas anak bangsa di masa depan.



4 Kompetensi Guru


1. Kompetensi Pedagogik

Kompetensi ini menyangkut kemampuan seorang guru dalam memahami karakteristik atau kemampuan yang dimiliki oleh murid melalui berbagai cara. Cara yang utama yaitu dengan memahami murid melalui perkembangan kognitif murid, merancang pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi hasil belajar sekaligus pengembangan murid.



2. Kompetensi Kepribadian

Kompetensi kepribadian ini adalah salah satu kemampuan personal yang harus dimiliki oleh guru profesional dengan cara mencerminkan kepribadian yang baik pada diri sendiri, bersikap bijaksana serta arif, bersikap dewasa dan berwibawa serta mempunyai akhlak mulia untuk menjadi sauri teladan yang baik.



3. Kompetensi Profesional

Kompetensi profesional adalah salah satu unsur yang harus dimiliki oleh guru yaitu dengan cara menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam.



4. Kompetensi Sosial

Kompetensi sosial adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik melalui cara yang baik dalam berkomunikasi dengan murid dan seluruh tenaga kependidikan atau juga dengan orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar.

Previous
Next Post »